Karena Setiap Anak Istimewa

Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda adalah sekolah yang menerima semua kemampuan siswa. Sebagai sekolah inklusif yang menerima siswa-siswi dengan kebutuhan khusus, pembelajaran-pembelajaran dilakukan sama baiknya seperti halnya pada pembelajaran-pembelajaran di kelas reguler. 

Deskripsi benda, adalah satu materi dasar di kelas 2, yang juga diajarkan pada siswa-siswi inklusi di Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa. Pembelajaran dilakukan dengan mengawali kata sifat yang bersifat konkrit terlebih dahulu sebelum masuk pada kata sifat yang abstrak. 

Siswa-siswi diajak untuk menyentuh, melihat, merasa dan membandingkan jenis kata sifat yang bersifat konkrit, besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah. Ellen and  Farmer (1996-2000) menyebutkan, dengan memulai pembelajaran kata sifat dari hal konkrit terlebih dahulu, pola dan susunan penalaran anak akan terjadi runtut dan sistematis. Hal ini akan membantu mereka memahami dan mampu menggunakannya dengan lebih baik.

Pada pembelajaran bahasa Inggris untuk kelas 2 Inklusi yang dilakukan bersama dengan kelas reguler di kelas 2 Utsman bin Affan, guru membuat kartu kata sifat untuk mengajarkan materi deskripsi benda. Guru menuliskan berbagai kata sifat berupa warna, ukuran dan bentuk ke dalam karung yang diberi warna sesuai dengan jenis kata yang dimaksud agar memudahkan proses recalling pada siswa-siswi selama proses pembelajaran.

Melakukan permainan bersama siswa-siswi didalam kelas saat belajar, merupakan salah satu cara menghilangkan kejenuhan pembelajaran dan membangun pola belajar menyenangkan. Sebagai sekolah full day, Bunga Bangsa memiliki strategi dan model pembelajaran yang efektif untuk diperankan setiap guru untuk menunjang kemampuan siswa secara maksimal.        
                
Anak adalah cindera rasa, obor asa, jejak nyata ada kita di dunia (Helvi Tiana Rosa)

Ms Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Utsman bin Affan
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Komentar